Blog ini telah disesuaikan oleh pemiliknya sesuai kebutuhan.

Thursday, October 13, 2016

Sistem Cerdas

9:26 AM Posted by Unknown No comments


PENGERTIAN SISTEM CERDAS
            Pada jaman yang teknologinya sedang berkembang sangat pesat seperti pada jaman sekarang ini, sangat banyak alat-alat pembantu pekerjaan manusia yang sangat canggih dan bahkan alat-alat tersebut bisa berfikir dan menggunakan logikanya seperti layaknya manusia. Alat-alat canggih ini dapat berfikir dan menggunakan logikanya karena di dalam alat ini sudah di tanamkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent, AI).

Kecerdasan buatan ini merupakan cabang dalam dunia komputer. Komputer di harapkan tidak hanya menjadi alat hitung saja tetapi juga dapat digunakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan manusia. Manusia mempunyai pengetahuan dan kemampuan logika dengan baik, agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer juga harus dibekali pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk melogika.

Menurut beberapa ahli kecerdasan buatan mempunyai beberapa definisi diantaranya adalah menurut John Mc Cathy pada tahun 1956 mengungkapkan bahwa ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas”. Sedangkan menurut H.A Simon pada tahun 1987 mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. Lain lagi hal nya dengan pendapat Rich and Knight pada tahun 1991 mengatakan bahwa kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk manusia, hewan dan mesin. Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. Namun secara umum dapat diartikan bahwa kecerdasan buatan adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal-hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia. ari perspektif pemrograman meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).Jadi suatu saat bukanya tidak mungkin lagi jika seorang manusia akan bersaing melawan ciptaanya sendiri yang di bekali kecerdasan buatan, bahkan akan lebih unggul alat yang menggunakan kecerdasan buatan dari pada manusianya sendiri.
Dalam sistem cerdas terdapat 3 (tiga) konsep dasar yaitu :
1.     Bagaimana kerja otak manusia?
2.     Bagaimana manusia berpikir?
3.     Bagaimana manusia merasa?

Nah, dari 3 pertanyaan ini mari kita jawab satu-persatu ya… Dimulai dari pertanyaan yang pertama. Untuk pertanyaan pertama kita akan jawab menggunakan teori AAN (Artificial Neural Network) yaitu istem komputasi dimana arsitektur dan operasi diilhami dari pengetahuan tentang sel syaraf biologi di dalam otak. Artificial Neural Network (Jaringan Syaraf Tiruan) merupakan model yang meniru cara kerja jaringan neural biologis.
    
 Selanjutnya untuk pertanyaan kedua kita menggunakan teori yang namanya Artificial Intelligence atau orang sering menyebutnya AI. AI memiliki pengertian yaitu kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/ komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia. Contohnya adalah kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, perencanaan dan penjadwalan, pengendalian, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah.

Untuk pertanyaan ketiga kita menggunakan teori Fuzzy Logic yaitu suatu cara yang tepat untuk memetakan suatu ruang input ke dalam suatu ruang output. Contohnya Pelayan restoran memberikan pelayanan terhadap tamu, kemudian tamu akan memberikan tip yang sesuai atas baik tidaknya pelayanan yang diberikan.

Kenapasih harus ada Sistem Cerdas,Bro?
     Sistem cerdas bertujuan untuk membuat mesin dapat berinteraksi dengan manusia layaknya cara manusia manusia berpikir, mengambil keputusan, dan bertindak. Jadi tujuannya ya simple aja untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia serta efisiensi. Sistem cerdas mampu mengenali pola dalam interaksinya dengan manusia sehingga mampu menyerap pengalaman.

Dimanasih pengimplementasian Sistem Cerdas,Bro?
     Sistem cerdas menerapkan kecerdasan buatan pada mesin atau komputer. Contoh dari sistem cerdas yang sering kita temui sehari-hari adalah pada games, contohnya seperti pada games Angry Birds atau DOTA yang memiliki banyak sekali kemungkinan gerak aksi-reaksi pada unsur-unsur dalam games tersebut sehingga tidak mungkin ditangani oleh pemrograman konvensional. Sistem cerdas juga dapat diterapkan di bidang memasak, misalnya adanya alat yang namanya air fryer yaitu alat yang dapat meggoreng tanpa minyak jadi kita dapat mengatur waktu dan juga suhu untuk menggorengnya. Lalu dalam bidang otomotif adanya SMART KEY yaitu kunci mobil wireless jadi kita tidak perlu mencolokan ke mobil namun hanya menaruhnya di kantong mobil dapat menyala dan ini sudah diterapkan pada mobil BMW.


Souce :

CONTOH ALAT MENGGUNAKAN SISTEM CERDAS 

BMW seri i8 adalah salah satu mobil sport hybrid terkeren tahun ini karena menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Namun sebuah mobil keren jelas membutuhkan pertimbangan di berbagai hal, bahkan sampai bagian kuncinya. Untuk itu, BMW menyiapkan sebuah kunci khusus yang desainnya sama sekali tak tampak seperti sebuah kunci mobil konvensional.
Salah seorang sumber dari internal BMW membocorkan konsep smart key yang mereka siapkan untuk seri i8 pada website Bimmerfile, yang sekilas nampak seperti sebuah smartphone dengan desain sporty. Menurut website tersebut, smart key BMW tersebut bakal dilengkapi dengan sebuah layar LCD berresolusi tinggi yang akan bisa menampilkan berbagai macam informasi seperti charge level, durasi charging, juga jarak yang bisa ditempuh mobil sebelum membutuhkan recharge ulang.

Selain kunci utama , smart key untuk i8 juga akan dilengkapi dengan kemampuan melakukan kustomisasi tombol untuk berbagai macam fungsi. BMW sendiri masih belum mengkonfirmasi penggunaan smart key untuk seri i8, jadi ada kemungkinan bahwa mereka akan menyempurnakannya lebih jauh sebelum menetapkan pilihan pada konsep ini.

Dan untuk smart key sekarang-sekarang BMW sudah menerapkan di seri 7 (CMIIW). Namun di balik semuanya pasti ada yang namanya kekurangan maupun kelebihan. Namun pastinya lebih banyak kelebihannya di banding kekurangannya.

Untuk kelebihannya sendiri jelas mempermudah user dalam pengoprasian mobil. Contohnya saja dapat menyalakan mobil dari jarak jauh untuk menyalakan AC sehingga ketika masuk mobil langsung dingin. Dan juga dapat memajukan atau memundurkan menggunakan remot tersebut. Itu dapat digunakan bila parkir sempit dan susah untuk keluar maka dapat menggunakan fitur itu.

Nah sekarang kita bahas dari segi kekurangan. Kalo menurut saya dari segi kekurangan ya jelas pasti mahal untuk mendapatkan remot itu. Kita harus membeli mobilnya dahulu baru mendapatkan remotnya. Dan remot tersebut harus di charge menggunakan charge listrik langsung dengan charge orinya tidak bisa menggunakan powerbank (CMIIW). Dan bila remote ini hilang juga untuk menggantikan juga lumayan mahal makanya itu dijadikan sebagai kekurangan buat orang menengah kebawah.


Tapi secara keseluruhan fitur yang ditawarkan BMW ini memang suatu inovasi dari system cerdas karena dengan 1 alat yaitu smart keynya kita bisa mengatur mobil BMW yang kita miliki. Semoga untuk produsen mobil lainnya bisa membuat alat serupa yang harganya lebih masuk akal hehe.

Source :
http://gopego.com/news/a/2013/12/bmw-kembangkan-sebuah-smart-key-keren-untuk-seri-i8













0 comments:

Post a Comment